KIM KRISANA SIAP MEMBANGUN MASYARAKAT SITUBONDO MELLEK TIK

Jumat, 19 April 2013

Budidaya Rumput Laut KIM KRISANA

      Rhodophyta ( Ganggang Laut )

     Usaha budidaya Rumput Laut bukan lagi sebatas menjadi usaha tambahan bagipenduduk pesisir pantai, karena rumput laut terutama jenis Euchuma Spinosum atau lazim disebut oleh masyarakat setempatdengan nama Rumput Laut Kattoni dan Gracillaria sp. atau lazim disebut rumput laut Mamiri dengan ciri khas warna hijau muda bening, sedangkan Kattoni berwarna coklat muda kemerah – merahan bening. 

    Disamping kedua jenis tersebut ada juga jenis rumput laut Rhodophita atau lazim disebut rumput laut tembakau, karena warna dan bentuknya menyerupai tembakau. Ketiga jenis rumput laut ini telah menjadi bahan komoditi ekspor andalan, seperti yang selama ini Penduduk pesisir pantai khususnya pantai Agel Kecamatan Jangkar dan pantai lamongan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. 

      Para nelayan yang berada di sekitar pesisir pantai Kabupaten Situbondo selama ini pada umumnya hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan, juga mempunyai pekerjaan sambilan yang sangat menguntungkan. Misalnya membudidayakan rumput laut seperti yang dilakukan para nelayan di desa Agel, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Nelayan disekitar pesisir pantai Agel yang membudidayakan rumput laut ini telah mampu memberikan pelayanan kebutuhan lokal dan ekspor. 

     Budidaya rumput laut ini telah diminati oleh kalangan pengusaha industri farmasi, es krim, agar – agar, cat, kosmetik, dan tekstil. Kandungan rumput laut Jenis rumput laut ini banyak menghasilkan Asam Alginat yang berguna bagi industri tekstil, industri makanan, dan industri cat sebagai cat warna dan juga memiliki pigmen Fikoeritrin disamping adanya Klorofil sehingga banyak kandungan agar – agar sebagai makanan dan juga menghasilkan bahan untuk bahan kosmetika.




Manfaat rumput laut bagi kecantikan:

Membakar Lemak
Menkonsumsi roti dengan selai rumput laut bisa menurunkan berat badan lebih singkat dibandingkan harus pergi ke tempat kebugaran, karena rumput laut jauh lebih cepat membakar lemak di dalam tubuh, dibanding aktivitas senam di tempat kebugaran.
 
Membunuh Bakteri Jerawat
Penelitian baru menemukan bahwa rumput laut bisa mengatasi masalah-masalah kulit. Rumput laut, efektif untuk mengatasi flek pada wajah. Penemuan obat kulit baru diluncurkan dalam jurnal Clinical and Experemintal Dermathology. Hampir 64% mampu mengurangi pertumbuhan jerawat.

Sebagai Masker Untuk Menghambat Keriput dan Penuaan dini.
Masker rumput laut akan membuat kulit wajah lebih sehat. Rumput laut bisa mendukung produksi sel-sel kulit baru dan bisa menghambat munculnya keriput dan penuaan dini.

Sebagai Scrub untuk Mengencangkan Kulit
Kandungan mineralnya membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Gunakan scrub rumput laut untuk mengangkat lapisan kulit mati. 

Berendam dengan Rumput Laut untuk detoksifikasi
Caranya : Isi bak mandi dengan air hangat, masukkan rumput laut segar atau rumput laut kering. Berendamlah hingga tubuh terasa relaks. Usai mandi, kulit terasa lebih kencang, kenyal, dan halus.
Salah satu manfaat rumput laut adalah detoksifikasi tubuh. Air rendaman rumput laut mampu menarik toksin-toksin supaya keluar dari tubuh.

Manfaat rumput laut bagi kesehatan:
Untuk mengatasi kelelahan
Jika anda mengalami mudah lelah, tidak bersemangat atau sering lesu, makan rumput laut atau suplemen rumput laut mungkin dapat membantu mengatasi rasa lelah setelah seharian bekerja.

Melawan penyakit ganas
Kandungan Vitamin A dalam rumput laut bermanfaat untuk kesehatan mata, selain berguna untuk membantu tubuh melawan penyakit dari virus dan bakteri, kanker dan tulang.

Membantu kesehatan tulang
Kaandungan vitamin A selain memainkan peranan penting dalam pertumbuhan jaringan sel baru, juga membantu memastikan kesehatan tulang dengan mengganti jaringan yang rusak.

Membantu mencegah Penyakit Jantung
Kandungan Vitamin B2 membantu mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energy, membantu produksi hormon dan membantu sel darah merah untuk tetap sehat. Sehingga membantu mencegah penyakit jantung dan memperkuat system kekebalan tubuh.

Membantu penyembuhan luka
Vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, juga menjaga kekuatan tulang dan gigi,gusi, kesehatan kulit dan juga membantu untuk penyembuhan luka,dan memperkuat pembuluh darah.

Rumput laut membantu pertumbuhan kekuatan tulang dan gigi,membantu menurunkan kolesterol.jika tingkat vitamin D rendah dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit kardiovaskular,juga mempercepat osteoporosis. Rumput laut mengandung kalsium sekitar 5X lebih banyak dibandingkan susu. Bisa  membantu untuk menjaga kesehatan kuku,tulang,rambut, gigi dan metabolisme dalam tubuh.

Selain Rumput laut, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan alami seperti manfaat nanas dan buah-buahan lainnya. Semoga manfaat rumput laut diatas bisa bermanfaat.


Cara Budidaya Rumput Laut
     Kebanyakan masyarakat petani rumput laut, membudidayakan rumput laut dengan sistem Long Line, atau dengan menggunakan pengikat tali yang diberi pelampung dan ujung ke ujung diikat ke sebuah balok yang sudah ditancapkan terlebih dahulu, sehingga rumput laut nantinya tidak akan terbawa ombak sampai ketengah laut.



     Khusus Rhodophyta atau rumput laut tembakau dibudi daya dengan cara sistem tambak. Karena habitat kehidupan rumput laut ini dapat berkembang biak didasar air. 

Masa Tanam 
- Masa tanam rumput laut tergantung cuaca dan permintaan konsumen,
  minimalnya rumput laut dipanen pada usia 21 hari.

Perkembangan Hasil 
- Jika panen pada usia 21 hari dalam 1 Long Line (panjang 10 meter)
  dari bibit 5kg akan menghasilkan rumput laut seberat ± 25kg.
- Jika Panen usia 35 hari, dalam 1 Long Line akan menghasilkan
   40 - 45kg
- Jika panen dilakukan pada usia 45 – 50 hari dalam 1 Long Line maka akan menghasilkan 60 – 75kg
   rumput laut segar.
- Rumput laut Rhodophyta dalam 1 petak tambak dengan bibit 300kg
   akan menghasilkan 5 – 6 ton rumput laut. 

Hasil Pengeringan 
- Pengeringan rumput laut dalam per 1000kg rumput laut segar akan
  menghasilkan 150kg rumput laut kering. - Pengeringan rumput laut
  proses dalam per 1000kg akan menghasilkan rumput laut kering
  proses 120kg.

Kisaran Harga 
- Harga rumput laut segar Rp. 1500/kg. Kecuali untuk bibit bisa
   mencapai harga Rp. 2000 – 2500,- / kg. 
- Harga rumput laut kering, kadar air 20% mencapai harga
   Rp.7000,-/kg. 
- Harga rumput laut kering proses kadar air 20% bisa mencapai
  15.000 – 20.000,- / kg.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar