KIM KRISANA SIAP MEMBANGUN MASYARAKAT SITUBONDO MELLEK TIK

Minggu, 14 April 2013

INDIKATOR PENILAIAN LOMBA DESA 2013

      Untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan desa dengan melihat pada orisinalitas gagasan, kreativitas, aktifitas, upaya penguatan kelembagaan dan peningkatan motivasi serta semangat swadaya gotong royong masyarakat.
        Pemerintah Kabupaten Situbondo melaksanakan lomba desa yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, agenda lomba desa untuk tingkat Kabupaten tahun 2013 dilaksanakan pada 3 Kecamatan (6 Desa) yang pelaksanaan mulai 2 s/d 3 April 2013 dan berakhir pada Selasa, 9 April 2013. Lomba desa yang di jadikan satu dengan penilaian lomba 10 program PKK terbaik tingkat kabupaten ini didasarkan pada peraturan Menteri dalam Negeri No. 13 Tahun 2007 tentang perlombaan Desa dengan Indikator penilaian perlombaan desa tahun 2013 meliputi : 
1. Indikator Pendidikan ; 
2. Indikator Kesehatan Masyarakat ; 
3. Indikator Ekonomi Masyarakat ; 
4. Indikator Keamanan dan Ketertiban ; 
5. Indikator Partisipasi Masyarakat ; 
6. Indikator Pemerintahan Desa dan Kelurahan ; 
 7. Indikator Lembaga Kemasyarakatan ; 
8. Indikator Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga 

      Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BPMP), Drs. H. Achmad Djunaidi, M.Si, penetapan juara perlombaan Desa tingkat Kecamatan ditetapkan dengan Keputusan Camat. Juara perlombaan desa tingkat kabupaten ditetapkan dengan Keputusan Bupati setelah memperoleh nilai tertinggi dari 8 (delapan) Indikator diatas, sedangkan sasaran perlombaan Desa tingkat Kabupaten Situbondo 2013 adalah Desa Juara tingkat Kecamatan di 17 (tujuh belas) kecamatan di Kabupaten Situbondo. 

      Pelaksanaan penilaian perlombaan Desa tingkat Kabupaten Situbondo 2013 dilaksanakan dengan tahapan, penilaian administrasi, Penilaian Presentasi serta penilaian lapangan. Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto SH, menjelaskan peranan desa, “Desa sebagai pemegang peran yang sangat vital dalam konteks pembangunan nasional dan daerah, sebagai organisasi pemerintahan yang paling bawah dan bersentuhan langsung dengan rakyat, Desa ibarat akar yang melekat pada pohon besar dan sangat menentukan tegak tumbangnya Pohon tersebut”. 

        "Program pemberdayaan masyarakat menuju terwujudnya masyarakat yang berdaya dan mandiri saat ini lebih diarahkan pada pemberdayaan masyarakat desa, dan pemerintah telah menggariskan berbagai kebijakan yang tertuang dalam berbagi program kegiatan pemberdayaan, baik program yang sifatnya fisik maupun program yang bersifat motivatif , seperti halnya pelaksanaan lomba desa yang terselenggara” tegas Bupati. 

        Mengenai peran pemerintah bupati menegaskan “Pemerintah lebih bertindak sebagai fasilitator terhadap kegiatan masyarakat, sedangkan pelaku dan subyek pembangunan pada hakekatnya adalah masyarakat itu sendiri. Kemandirian rakyat, di tengah – tengah kondisi krisis global yang terjadi saat ini merupakan kekuatan vital bagi pemerintah untuk tetap bertahan dan eksis dalam menjaga kelangsungan hidupnya”. 

     Bupati berharap kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksaan lomba desa ini, khususnya tim penilai lomba, untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sehingga kegiatan ini benar-benar mampu menjadi ajang dalam mengukir prestasi bagi desa yang memang dan pantas untuk meraihnya”.”Nilai-nilai objektifitas harus menjadi landasan pokok dalam pelaksanaan penilaian, hindari nepotisme, yang dapat menurunkan semangat para peserta lomba”. Desa terbaik yang terpilih nanti akan menjadi wakil Kabupaten Situbondo pada kegiatan lomba desa tingkat propinsi Jawa timur yang akan di laksanakan pada bulan juni tahun 2013.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar