KIM KRISANA SIAP MEMBANGUN MASYARAKAT SITUBONDO MELLEK TIK

Senin, 01 April 2013

Peran Media Massa


Peran Media Massa Sebagai Suatu Institusi Penting Dalam Masyarakat.
Asumsi tersebut oleh dalil: 
  1. Media merupakan industri yang berubah dan berkembang yang menciptakan lapangan kerja, barang, dan jasa, menghidupkan industri lain yang terkait; media juga merupakan industri tersendiri yang memiliki peraturan dan norma – norma yang menghubungkan institusi tersebut dengan masyarakat dan institusi lainnya. Di lain pihak, institusi media diatur oleh masyarakat.
  2. Media Massa merupakan sumber kekuatan – alat control, manajemen, inovasi dalam masyarakat yang dapat didayagunakan sebagai pengganti kekuatan atau sumber daya lainnya.
  3. Media merupakan lokasi ( forum ) yang semakin berperan, untuk menampilkan peristiwa – peristiwa kehidupan masyarakat, baik yang bertaraf nasinal maupun internasional. 
  4. Media sering kali berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan, bukan saja dalam pengertian pengembangan bentuk seni dan symbol, tetapi juga dalam pengertian pengembangan tata – cara, mode, gaya hidup, dan norma – norma. 
  5. Media telah menjadi sumber dominant bukan saja bagi individu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas social, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif; Media menyuguhkan nilai – nilai dan penilaian normative yang dibaurkan dengan berita dan hiburan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar