KIM KRISANA SIAP MEMBANGUN MASYARAKAT SITUBONDO MELLEK TIK

Kamis, 25 April 2013

Pertunjukan Rakyat ( PERTURA ) pada Pekan KIM dari Kabupaten Situbondo.

               Pertura (Pertunjukan Rakyat) adalah salah satu bentuk lembaga komunikasi sosial yang berupa media tradisional atau media rakyat. Media tradisional jenis ini adalah bentuk sinergi antara seni tradisi dengan nilai komunikasi dan teknologi informasi, yang sering dipertunjukkan pada setiap pagelaran Pekan Kelompok Informasi Masyarakat di Jawa Timur. Kali ini tibalah saatnya Kabupaten Sumenep Madura dipercaya sebagai tuan rumah Pekan KIM VII tahun 2013. 




        Pada Pekan KIM VII di Kabupaten Sumenep tahun 2013, Kabupaten Situbondo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang ikut andil dalam acara Pertura yang diadakan oleh KOMINFO Provinsi Jawa Timur. Tepatnya pada hari kamis tanggal 25 April 2013 yang dimulai pukul 19.00 – 19.30. Karena waktu yang dibatasi oleh Panitia Pekan Kim yaitu Durasi waktu pertura harus berdurasi 30 menit. 

      Pertura dari Kabupaten Situbondo dalam kesempatan kali menampilkan kreasi seni ketoprak khas Kabupaten Situbondo yang menceritakan tentang “ Hilangnya Pangeran Aryo Gajah Situbondo ”. Dalam jalannya cerita tersebut, penonton sangat antusias menyaksikan pertunjukan tersebut. 

 

       Terhiburnya penonton dikarenakan, alur cerita yang teratur, warga memang suka kesenian seperti itu, dan disisipkan unsur komedi dalam cerita tersebut sehingga dapat menghidupkan suasana dilingkungan pertunjukan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar